5 Contoh Copywriting Kuliner Buat Pemasaran Di Instagram & Website

5 Contoh Copywriting Kuliner Buat Pemasaran Di Instagram & Website


Teknik marketing melalui goresan pena ini dinilai lebih efektif dibandingkan pemasaran konvensional. Copywriting bisa menjangkau lebih poly audiens & tidak terbatas loka. Pemilik usaha bisa memasarkan dagangannya ke orang yang berada di kota lain atau negara lain.

Agar lebih memahami mengenai teknik pemasaran ini, berikut beberapa contoh copywriting kuliner. Meski secara garis akbar sama dengan copywriting lainnya, tapi ada beberapa hal yang harus dimasukkan waktu memasarkan kuliner. Simak baik-baik ya!

Copywriting Adalah

Secara generik, copywriting adalah seni menulis buat memasarkan produk supaya audiens tertarik & melakukan tindakan yg diinginkan. Copywriting tak selalu menyuruh melakukan transaksi waktu itu juga, lantaran terdapat banyak sekali tujuan yang sanggup dicapai melalui copywriting. Misalnya ajakan buat follow, menuju ke sebuah situs website, atau datang ke suatu loka.

Copywriting dapat digunakan dengan rumus AIDA, buat engkau yang ingin membaca terkait rumus AIDA cek artikel beirkut 5 Contoh AIDA, Rumus Ampuh buat Membuat Copywriting yg Baik

Untuk usaha makanan, penulisan copywriting tentu tidak sama dengan produk lainnya. Keunggulan dari kuliner tidak hanya ditinjau dari tampilan, akan tetapi cita rasa. Daya tarik primer makanan merupakan rasanya. Agar berhasil menarik hati calon pelanggan, engkau wajib bisa menggambarkan rasa tadi pada mereka.

Banyak yg bilang bahwa menciptakan kalimat kenaikan pangkat kuliner sedikit tricky dan susah. Kamu harus merangkai kata agar calon pelanggan “ngiler” dan ingin mencicipinya. Dengan begitu mereka akan datang berkunjung dan membeli kuliner tadi.

Tak berhenti hingga disitu, copywriting makanan pula harus sanggup menciptakan pelanggan datang pulang ke restoranmu. Jangan hingga hanya satu kali tiba lalu nir balik lagi. Untuk menyiasati hal ini ada trik copywriting kuliner khusus yg harus dilakukan pemilik bisnis.

Tips berjualan pada Instagram & website dengan model copywriting kuliner

Biasanya copywriting kuliner digunakan pada media umum Instagram. Platform menyebarkan foto ini adalah loka yg paling potensial buat kenaikan pangkat , terutama produk fashion dan kuliner. Dengan mengunggah foto kuliner dan caption yg menarik, pemilik bisnis sanggup memikat calon pelanggannya.

Selain Instagram, copywriting kuliner pula seringkali dipakai buat website. apabila punya blog pribadi atau mau mengunggah pada situs masakan, wajib punya skill copywriting makanan yg bagus. Berbeda dengan Instagram yang ada pendukung gambar, blog kekuatan utamanya berada pada tulisan. Jadi harus bisa membuat goresan pena copywriting yang baik.

Berikut contoh copywriting kuliner yang mampu kamu pakai buat menciptakan caption Instagram dan artikel website.

Saat membuat copywriting kamu wajib fokus ke solusi. Jadi posisikan diri seolah kamu mengetahui apa yang dipikirkan, rasakan, dan dibutuhkan audiens. Setelah menuliskan kalimat yang mendeskripsikan pikiran atau perasaan mereka, lanjutkan dengan solusi yang engkau tawarkan.

Saat merangkai kalimatnya, tuliskan kalimat solutif akan tetapi mudah dipahami. Perlu diingat bahwa copywriting wajib padat dan jelas. Jadi menurut awal saat menulis kalimat tujuannya adalah memberi solusi pada pelanggan. Lalu pada akhir rekomendasikan produk yg sesuai dengan kebutuhan mereka.

1. Mengetahui apa yang mereka pikirkan, butuhkan dan rasakan

Untuk mengetahui apa yg mereka pikirkan, butuhkan, dan rasakan, kamu bisa menganalisa menurut karakter target market atau situasi saat ini. Kemudian analisis & rangkai kalimat menggunakan menambahkan kalimat promosi di bagian akhir.

Misalnya misalnya model copywriting makanan berikut ini. 

  • Tanggal tua akan tetapi ingin makan enak? Resto ceria sedang diskon akbar-besaran setiap akhir bulan! 
  • Lembur tiap hari paling lezat sambil ngemil martabak juragan. Ada bonus lho buat pembelian diatas jam 20.00. Yuk buruan beli! 
  • Mau diet akan tetapi nggak sanggup masak? Tenang aja, catering #makansehat siap menyajikan kuliner setiap hari mulai dari 30 ribu aja!

2. Menggunakan kata yang menarik

Untuk menuliskan copywriting kamu wajib memakai kata yg menarik. Dari jutaan istilah yang ada, pilih diksi yang memikat. Tujuannya agar bisa memikat calon konsumen dalam satu kali lihat. Lantaran umumnya audiens hanya melihat sekilas goresan pena yg diunggah di Instagram atau website. apabila di awal telah tampak menarik, mereka cenderung melanjutkan membaca sampai terselesaikan.

Sebaiknya kamu juga harus menghindari penggunaan imbuhan. Hal ini menciptakan pesan kurang tersampaikan. Gunakan kalimat yang menarik akan tetapi ringkas.

Contoh kata yang menarik seperti berikut adalah. 

  • Siapa yang ingin makan lezat akan tetapi murah?
  • Mau dapatkan tubuh ideal dalam saat singkat?

3. Menggunakan kata & kalimat sederhana

Selain kata-istilah yg menarik, usahakan gunakan istilah dan kalimat sederhana. Hal ini akan lebih efektif menyampaikan pesan pada audiens. Apalagi untuk pemasaran eksklusif atau direct marketing.

Maksud berdasarkan istilah & kalimat sederhana adalah tidak menggunakan kuasan atau ungkapan. Tulis istilah lugas yang punya makna sebenarnya. Jadi pakai istilah yang tak jarang dipakai atau bahasa sehari-hari agar lebih mudah dipahami. Dengan cara ini engkau bisa menjangkau lebih banyak audiens tanpa terkendala bahasa.

Misalnya kamu mampu menuliskan istilah dan kalimat sederhana misalnya ini dia. 

  • Laper akan tetapi mager? Pesan kini lewat apps Kopi Cinta dan dapatkan perdeo ongkir 10rb! 
  • Promo 12.12, seluruh kue bonus 50%! Jangan hingga kehabisan! 
  • Mau makan lezat di lepas tua? Pesan menu goceng sekarang jua! 

4. Melibatkan sasaran audiens dalam copywriting

Salah satu tips menciptakan tulisan yg menjual adalah menggunakan melibatkan target audiens. Kamu mampu menuliskan kalimat sapaan yg ditujukan eksklusif kepada calon pelanggan. Dengan begitu mereka merasa lebih akrab dan diistimewakan.

Maka menurut itu kamu harus mengetahui dengan lebih jelasnya sasaran audiens. Tulis menggunakan khusus target audiens yang akan ditembak. Misalnya sasaran audiens merupakan ibu-ibu berusia 20-30 tahun yg baru punya anak satu. Dengan mengetahui target audiens ini engkau mampu membuat copywriting makanan yang lebih baik.

Contoh copywriting makanan menggunakan melibatkan audiens misalnya berikut. 

  • Yuk mak , berikan makanan sehat buat si mini dengan sosis organik non MSG berdasarkan Mels Food! 
  • Bunda, ada bonus 50% buat pembelian sosis, nugget, & dimsum frozen. Yuk segera beli sebelum kehabisan! 
  • Promo khas khusus buat mak yang punya kartu member Mels Food.

5. Gunakan sensory words buat menarik minat pelanggan

Tips ini yang paling penting, kamu harus menggunakan sensory words buat menarik minat pelanggan. Kunci berdasarkan pemasaran online adalah sanggup menggambarkan produk menggunakan baik. Karena calon pelanggan tidak bisa melihat langsung, maka engkau wajib menuliskan menggunakan rinci agar mereka seolah bisa merasakannya sendiri.

Kamu sanggup memakai sensory words buat menuliskan copywriting kuliner. Sensory words merupakan kata-kata yg menggambarkan sensoris misalnya apa yang bisa dirasakan, dicium, didengar, & ditinjau. Deskripsikan menggunakan kentara supaya mereka dapat membayangkan makanan tadi.

Sederhananya sensory words merupakan istilah atau kalimat yg herbi panca indera. Untuk indera penglihatan kamu bisa menggambarkan apa yg terlihat misalnya tampilan, bentuk, atau penyajiannya. Lalu buat alat perasa kamu mampu menuliskan bagaimana cita rasanya menggunakan detail. Jadi nir hanya sebatas kuliner tersebut enak atau nir, tapi lebih lebih jelasnya lagi.

Agar lebih paham mengenai sensory words kamu mampu melihat model copywriting berikut ini. 

  • Coba kenikmatan “Sosis Keju Lumer” menggunakan daging sapi pilihan yg dicampur menggunakan berbagai rempah sebagai akibatnya menciptakan rasa yg gurih plus ditambah keju mozarella yang lumer pada verbal. 
  • Nikmati sensasi segar segelas “Avocado Manggo Delight” yang disajikan dari buah alpukat dan mangga premium ditambah madu yang menyehatkan. 
  • Renyahnya kulit goreng krispi dari Chicken Box membuat pengecap bergoyang!

Copywriting kuliner buat pemasaran digital

Next Post Previous Post